Interior Desain dan Kontraktor

Rumah Minimali

JAKARTA, Beritamalamini.com – Rumah minimali mengandung pengertian sebagai tipe hunian yang identik dengan kesederhanaan, dimana, kesederhanaan yang dimaksudkan tersebut dapat diterapkan pada tata ruang yang simpel, polos, efisien, tidak memiliki penambahan ruang yang sekiranya tidak diperlukan, dan tidak terlalu luas.

Konsep rumah minimali sendiri adalah kesederhanaan, mengingat, rumah ini memang minim perabotan rumah tangga dan tidak berlebihan, maka tak heran jika saat ini konsep rumah minimali sendiri menjadi inspirasi cukup banyak pengembang perumahan untuk membangun desain rumah yang akan mereka pasarkan nantinya, dimana, rumah jenis ini juga semakin diminati oleh beberapa kalangan di Indonesia.

Adapun, rumah minimali memiliki karakteristik sebagai berikut:

Karakteristik Rumah Minimali

Memiliki Tata Ruang yang Sederhana

Lebih menekankan pada keleluasaan pandangan, dimana, hal tersebut merupakan salah satu ciri rumah minimali, itu artinya, dalam rumah tersebut tidak ada penambahan ruang / perabotan tidak penting yang dapat menghalangi keleluasaan pandangan penghuninya, sehingga, ruang-ruangnya pun semua terpakai, seperti halnya dengan keberadaan kamar tidur, kamar mandi, dapur yang bergabung dengan ruang makan, ruang tamu atau ruang keluarga, halaman kecil untuk taman atau garasi.

Adanya Pengoptimalan Fungsi Jendela dan Ventilasi

Hal ini tentu saja bertujuan agar cahaya dan udara yang masuk ke dalam ruangan lebih maksimal, sehingga, sirkulasi udara menjadi lancar.

Minim Sekat dan Ruang Pembatas

Sekat atau pembatas yang ada hanya akan membuat ruangan terlihat sempit, adapun, apabila penambahan sekat yang nantinya akan dibuat ternyata tidak terlalu diperlukan, maka ada baiknya untuk tidak usah memasangnya.

Menggunakan Furniture yang minimali

Rumah minimali cenderung memiliki furniture atau perabotan yang terkesan simple, yang seolah nampak tak terisi oleh berbagai perabotan rumah tangga yang sekiranya dianggap tidak perlu,  pasalnya, para penghuninya sendiri benar-benar mempertimbangkan fungsi dari furniture yang akan diletakkan di dalam rumah, adapun, beberapa contoh furniture yang bisa kalian pergunakan adalah: sofa, meja makan dan kursi makan, lemari, ranjang, dan furniture-furniture penting lainnya.

Memiliki Warna Cat yang Kalem Dengan Eksterior yang Sederhana

Ciri khas rumah minimali lainnya adalah di pemilihan cat yang biasanya menggunakan warna warna yang kalem, seperti, warna putih atau krem, dan bukan merupakan warna-warna yang mencolok atau mentereng, mengingat, hal tersebut dilakukan untuk semakin memperdalam kesan kesederhanaannya.

Selain itu, eksterior rumah biasanya sederhana, dimana tidak ada penambahan batu alam, ornamen, atau blok-blok khusus, oleh karena, penambahan penambahan ornamen tersebut biasanya lebih sering digunakan pada rumah-rumah tipe tertentu, seperti halnya untuk tipe industrialis, type modern, rumah rumah cluster, untuk perumahan-perumahan mewah lainnya.

Memiliki Arsitektur Bangunan yang Geometris

Tak jarang kita jumpai rumah minimali yang dibangun dengan bentuk kubus atau berbentuk balok-balok kotak saja, sedangkan untuk atapnya pun ada yang berbentuk segitiga dan ada juga yang mengikuti struktur bangunannya sendiri yang tidak ada penambahan lekukan atau dekorasi yang tidak perlu.

Dilengkapi Dengan Taman yang Minimali

Terdapat beberapa jenis rumah minimali yang dilengkapi dengan taman minimali dan ada juga yang tidak, itu artinya, menggunakan konsep minimali bukan berarti kalian tidak bisa menambahkan taman ataupun hal-hal lainnya, dalam hal ini kalian masih tetap dapat menambahkannya selama tidak terkesan berlebihan.

Minimali itu artinya kesederhanaan dalam bentuk dan tata ruangnya, dan bukan hanya tentang penggunaan furniture yang minim, melainkan juga pada desain bangunan dan pemilihan warna.

Keuntungan Membeli Rumah Minimali

Tentunya terdapat banyak alasan yang menjadi dasar mengapa kini banyak orang menginginkan rumah minimali , berikut ini ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan dengan membeli hunian jenis ini, diantaranya adalah :

Harganya Lebih Murah

Bagi kalian yang memiliki anggaran yang terbatas, hunian dengan konsep minimali pastinya sangat cocok untuk kalian jadikan sebagai hunian lantaran harganya lebih murah dibandingkan tipe rumah lainnya, pasalnya, rumah tipe minimali memiliki ukuran yang lebih kecil, minim perabotan, penambahan ruang terbatas, dan juga tidak menggunakan berbagai penambahan material / ornamen yang tidak penting, sehingga, biaya untuk membangun rumah tersebut lebih ringan, alhasil harga jualnya juga lebih rendah.

Hemat Perabotan

Khusus kalian yang tidak terlalu suka membeli banyak perabotan, maka kalian bisa menerapkan konsep minimali tersebut, dimana, dengan konsep semacam itu, kalian tak perlu membeli berbagai furniture atau pajangan yang sekiranya nanti tidak akan kalian gunakan, dengan mempertimbangkan hanya akan memenuhi tempat, furniture ini juga tidak terlalu bermanfaat, seperti halnya penambahan guci-guci besar sebagai pajangan.

Lebih Hemat Waktu

Apabila kalian tergolong sebagai orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan dan menata rumah, maka konsep semacam ini tentunya merupakan pilihan yang tepat bagi kalian, pasalnya, dengan ukuran yang lebih terbatas dan perabotan yang minim maka kalian tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkannya.

Memiliki Pencahayaan yang Baik

Rumah minimali umumnya sengaja didesain dengan konsep sederhana namun memiliki penerangan yang maksimal, hal ini bisa dilihat dari penggunaan jendela yang cukup besar dan adanya ruang terbuka yang cukup sehingga udara dapat masuk ke dalam rumah, alhasil kalian pun jadi bisa lebih hemat biaya listrik untuk penerangan.

Rumah Minimalis 2Lantai

Itulah sedikit penjelasan mengapa banyak orang menyukai konsep minimali , terlebih lagi, jika konsepnya tersebut juga cocok untuk diterapkan di rumah-rumah yang ukurannya terbatas, seperti rumah tipe 21 atau rumah tipe 36. Keuntungan utama dari konsep ini adalah terlihat sederhana, praktis, efisien, tentunya lebih hemat biaya. Baik dari segi harga beli ataupun biaya renovasi dan pemeliharaan. Semoga terinspirasi.

 

epry_IsMeNotYou

Saya adalah seorang penulis lepas yang lebih sering mengelola https://www.layananinternet.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *